Tutorial Cara Kirim Paket Ke Malaysia Via Pos Indonesia

Tutorial Cara Kirim Paket Ke Malaysia Via Pos Indonesia

Perkembangan dunia teknologi informasi yang sangat pesat berpengaruh juga terhadap bertambahnya pengguna smartphone yang dapat menakses internet. Hal ini menjadi salah satu pemicu berkembangnya berbagai bidang usaha secara online yang dapat memperluas pasar hingga ke Luar Neger seperti Malaysia. Untuk menunjang usaha online ini biasaya kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia.

Menjamurnya usaha online diberbagai bidang khususnya dalam perdagangan barang semakin meningkatkan pertumbuhan kegiatan e-commerce. Demikian juga perkembangan usaha di bidang jasa layanan pengiriman barang. Salah satunya Pos Indonesia yang memberikan layanan terpercya dan menjadi pendukung logistik dan e-commerce Indonesia.

Kirim Paket Ke Malaysia Via Pos Indonesia

Berkembangnya usaha online ini tentu saja tidak terlepas dari berbagai fasilitas pendukung. Salah satunya adalah jasa kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia. Biasanya untuk pengiriman barang ke Malaysia melalui Pos Indonesia ini menggunakan jasa layanan EMS atau Express Mail Service. Yaitu salah satu jenis layanan jasa pengiriman barang maupun paket dokumen dari Pos Indonesia.

Layanan EMS merupakan jenis layanan pengiriman barang dan paket dokumen yang diikuti oleh 230 anggota EMS community yang dikekola oleh organisasi post dunia. Indonesia dan Malaysia ini keduanya merupakan negara yang tergabung dalam EMS community. Karena itu Pos Indonesia dapat melayani pengiriman barang ke berbagai negara. Salah satunya ke Malaysia, berikut ulasannya.

Selain Menggunakan Pos Indonesia, Bisa Menggunakan Layanan IndoShipping dijamin aman, cepat dan terpercaya

Jangka Waktu Pengiriman Paket

Pengiriman barang ke Malaysia menggunakan jasa kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia ini tergantung dari jenis layanan yang digunakan. Apabila pengirim menggunakan jasa layanan pos Internasional melalui EMS membutuhkan waktu beberapa Minggu. Biasanya pengiriman barang dari Indonesia ke Malaysia  sekitar 3 sampai 5 Minggu hari kerja.

Biaya Pengiriman Barang Ke Malaysia

Besarnya biaya pengiriman barang ke Malaysia melalui Pos Indonesia ini tergantung dari jenis layanan yang digunakan oleh pengirim. Terdapat berbagai macam jenis layanan pengiriman barang ke Luar megeri yang dikenal dengan pos Internasional disediakan oleh Pos Indonesia. Seperti EMS, Paktet Biasa Internasional, Paket cepat Internasional, Pos udara Internasional, Pos Ekspor dan yang lainnya.

Selain tergantung dari jenis layanan,  kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia juga dihitung dari ukuran berat barang yang akan dikirim. Biasanya perhitungan berat ini dihitung dari berat volume barang dengan menggunakan rumus p x l x T/6000. Hasil perhitungan ini sebagai dasar besarnya biaya yang tercantum dalam resi pengiriman yang harus dibayarkan pengirim barang.

Dalam resi pengiriman tersebut akan dicantumkan juga penggunaan tracking code EMS yang biasanya diawali dengan huruf EM untuk pengiriman paket atau barang. Sedangkan untuk pengiriman dokumen menggunakan kode EE. Dengan tracking code ini baik pengirim maupun penerima barang dapat melakukan pengecekkan keberadaan barang saat dalam perjalan.

Tarif Biaya Pengiriman Barang Ke Malaysia Melalui EMS

Cek Tarif EMS Ke Malaysia Disini

Apabila pengiriman barang beratnya melebihi 10 kg maka per 500 gram berikutnya akan ditambah dengan USD 4,2 hingga maksimal 10 kg. Tarif  yang tercantum dalam daftar pengiriman EMS ersebut sewaktu-waktu dapat berubah-ubah tergantung dari kurs dollar yang berlaku. Untuk update tarif kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia dapat ditanyakan langsung ke kantor Pos Indonesia terdekat.

Cara Pengecekkan Biaya Pengiriman Paket Ke Malaysia

Sebenarnya biaya pengiriman barang bisa dicek secara online melalui situs Pos Indonesia. Pengecekkan ini dapat dilakukan dari smartphone maupun dari PC. Caranya tinggal masuk ke situs Pos Indonesia kemudian klik pos order. Lanjutkan dengan mengetikkan Kota asal pengiriman dan juga negara tujuan yaitu Malaysia.

Kemudian pilih jenis kiriman yaitu paket atau barang. Terus masukkan berapa  berat barang yang akan dikirim. Caranya berat barang dihitung dalam satuan gram. Selain itu masukkan juga dimensi barang yang dihitung dengan menggunakan rumus P x L x T dalam satuan gram. Masukkan hasil dari perhitungan rumus ini merupakan berat barang kemudian cek tarif.

Cara Pengiriman Barang Ke Malaysia Melalui Pos Indonesia

Sebelum menggunakan layanan jas kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh pengirim. Lantas hal-hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan pengiriman paket? Berikut beberapa ulasan mengenai persiapan yang perlu diketahui.

1. Mempersiapkan Barang Yang Akan Dikirim

Seperti melakukan packing barang dengan baik agar barang yang dikirim aman dan tidak mengalami kerusakan selama dalam perjanan. Setelah barang dipacking jangan lupa menyertakan data barang maupun alamat pengirim dan juga penerima di Negara Tujuan yaitu Malaysia.

2. Mengantarkan Barang Ke Kantor Pos Terdekat

Setelah barang yang akan dikirim dipacking dengan baik, pengirim bisa mengantarkan barangnya ke kantor pos terdekat. Kemudian petugas kantor pos akan melakukan penimbangan barang yang akan dikirim. Hai ini untuk menentukan besarnya biaya yang harus dibayar oleh pengirim barang menggunakan jasa kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia.

3. Melakukan Pengisian Formulir Pengirim Barang

Setelah pengirim mengetahui besarnya biaya pengiriman selanjutnya pengirim harus melalukan pengisian formulir pengirim barang. Dalam hal ini pengisian formulir berkaitan dengan berbagai hal mengenai pengirim barang. Seperti nama pengirim, alamat lengkap pengirim dan juga no smartphone pengirim yang aktif agar dapt dihubungi.

4. Melakukan Pengisian Formulir Identifikasi Barang Kiriman

Setelah pengisian forlmulir identitas pengirim selanjutnya melakukan pengisian formulir identifikasi barang yang akan dikimkan. Hal ini meliputi jenis barang yang akan dikirim maupun spesikasi barang. Pengirim harus menuliskan secara lengkap termasuk berat barang dan biaya kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia dengan lengkap.

5. Melakukan Pengisian Formulir Penerima Barang Kiriman

Formulir selanjutnya yang harus diisi oleh pengirim barang adalah formulir penerima barang kiriman. Pengisian formulir ini meliputi nama penerima, alamt lengkap penerina dan juga telepon yang dapar dihubungi. Pengisian formulir ini harus diisi dengan benar, jelas dan teliti agar memudahkan pengiriman barang. Sehingga barang tersebut dapat sampai ke alamat penerima dengan baik.

Setelah barang sampai di Malaysia maka petugas akan alngsung mengeirimkan barang kiriman tersebut ke alamat penerima. Namun apabila alamat penerima berada di luar kota yang jauh dari kantor pos, maka petugas akan menghubungi penerima melaui telepon. Petugas akan meminta penerima barang datang ke kantor pos Malaysia untuk mengambil barang kiriman. 

Demikian beberapa informasi mengenai jasa layanan kirim paket ke Malaysia via Pos Indonesia. Dengan menggunakan salah satu layanan pos Internasional yaitu EMS yang disediakan oleh Pos Indonesia. Semoga dapat bermanfaat.

Close Menu